Breaking News

Monday, September 8, 2014

Temuan Asteroid Baru Berpotensi Hantam Bumi?

Temuan Asteroid Baru Berpotensi Hantam Bumi?
Ilmuwan baru-baru ini menemukan asteroid yang bergerak menghampiri Bumi. Kabarnya, asteroid ini berada di posisi terdekat di atas Selandia Baru pada Minggu, pukul 2.18 p.m. EDT waktu setempat.

Dilansir Digitaljournal, Minggu (7/9/2014), asteroid ini diberi kode nama 2014 RC yang ditemukan oleh Catalina Sky Survey, dekat Tucson, Arizona, Amerika Serikat. Batu luar angkasa yang berada di dekat Bumi ini ditemukan pada 31 Agustus 2014.

Ilmuwan menangkap penampakan batu ini melalui teleskop Pan-STARRS. Menurut keterangan NASA, asteroid ini memiliki ukuran lebar 20 meter, yang serupa dengan ukuran asteroid yang meledak di Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari tahun lalu.

2014 RC akan berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi, yakni 25 ribu mil di atas permukaan Bumi. Sekadar informasi, satelit komunikasi dan cuaca mengorbit Bumi pada jarak 22 ribu mil atau 36 ribu kilometer di atas permukaan Bumi.

2014 RC ditentukan sebagai Near Earth Asteroids (NEO). NASA melalui program NEO menemukan sekira 11.334 NEO hingga 6 September 2014.

Konon, batu luar angkasa ini sulit diamati menggunakan teleskop amatir. Astronom Slooh Community Observatory, Bob Berman menyebut asteroid ini dengan sebutan Pitbull.

"Pitbull akan terlalu kecil untuk muncul dengan mata telanjang. Meskipun teleskop amatir secara teoritis bisa melihatnya, gerak cepat asteroid itu akan membuat tantangan besar bagi semua," ungkap Bob

No comments:

Post a Comment

Designed By Blogger Templates